Spesifikasi dan Harga Kamera Sony RX1R II

Sebuah gebrakan dari Sony yang telah merillis sebuah kamera yang diberi nama Sony RX1R II yang diklaim menjadi kamera full frame yang terkecil didunia. Menurut sewa kamera Jogja, Jika dibandingkan dengan kamera yang sebelumnya, kamera terbaru ini mengalami peningkatan yang sangat tajam terutama pada resolusi sensor yang dimilikinya. Sensor Sony RX1R II meningkat hampir dua kali liat. Kali ini RX1R II mengusung sensor full frame BSI CMOS dengan resolusi 42 megapiksel yang jauh meninggalkan kamera sebelumnya yang hanya 24 megaiksel.

Jika dilihat dari bentuknya sekilas tidak ada keistimewaan pada kamera ini, bentuk tubuh grip dan dimensi yang sama seperti kamera sebelumnya. Pada Sony RX1R II ini sudah mengimplementasikan Auto ISO pada kamera yang baru. Sistem kontrol kali ini mendapat pujian dengan adanya ISO. Hal ini sangat sedarhana namun berkat lensa 35 mm tetap Auto ISO bisa ditugaskan sebagai tombol fungsi kustom untuk akses cepat. Sebuah peningkatan juga dilakukan untuk sistem autofokus Sony RX1R II, sistem fokus yang digunakan merupakan sistem autofokus Hybrid autofokus system yang canggih yang diadopsi dari kamera mirrorless Sony Alpha 7R II.

Sony juga memanfaatkan BIONZ X processor untuk ditugaskan sebagai mesin pengolah gambar. Teknologi BIONZ sudah digunakan pada berbagai jenis kamera. Kinerja yang mampu membuat gambar menjadi lebih nyata dengan detail yang tinggi. Sementara untuk video menggunakan kamera kompak Sony Cyber-shot RX1R II namun sayangnya sensor ini tidak menawarkan modus video 4K. Mengingat sensor yang digunakan cukup besar, dan on-sensor PDAF sangat canggih ditambah lagi dengan adanya soket mic yang disediakan pengguna bisa memanfaatkan fitur perekam video dengan hasil video HD 1080.

Sampai saat ini codec terbaik yang disediakan Sony adalah Sony XAVC S HD, hal ini mengharuskan pengguna kartu menyimpan SDXC dengan memanfaatkan codec tersebut. Kamera ini bisa menjadi rekomendasi yang bagus. Untuk yang ingin belajar fotografi dari tingkat dasar. Harga yang ditawarkan untuk kamera ini cukup mahal yakni Rp 43 jutaan.