Ini Manfaat di Balik Nikmatnya Makan Coklat

makan-cokelat/

Ini Manfaat di Balik Nikmatnya Makan Coklat – Hampir tiap orang gemar makan coklat, termasuk di Negara Indonesia. Wajar saja, manfaat coklat bagi tubuh kita betul-betul lah banyak. Kecuali enak si manis yang satu ini juga cakap meningkatkan mood orang yang mengonsumsinya.

Sebuah studi kasus yang dilaksanakan oleh prof. meneliti para penggemar cokelat menonjolkan bahwa konsumsi makanan ini diandalkan bisa untuk menurunan tekanan darah, risiko penyakit jantung, stres psikis, dan beragam situasi kesehatan lainnya.

Dr. Owais Khawaja, seorang data dokter di bidang kesehatan jantung dari St. Vincent Mercy Medical Center di Ohio, Amerika Serikat, memberi tahu bahwa cokelat ialah antioksidan yang bagus. Karena cokelat mempunyai efek antiradang, yang meliputi penurunan risiko penyakit kanker dan demensia.

Tak Seluruh Coklat Sama

Sebab berbeda tipe dan metode pengolahan, tentu tak segala cokelat mempunyai manfaat yang sama.

Kandungan antioksidan dan manfaat antiradang dari cokelat, diduga terdapat dari gizi pada biji kokoa yang bernama flavonoid. Dikatakan bahwa kian gelap warna cokelat, kian tinggi pula kandungan flavonoidnya.

Tapi, meskipun dark chocolate mengandung 70% kokoa, bagian flavonoid yang dikandungnya bisa bervariasi. Ini bertumpu pada cara kerja pengolahan yang dilaksanakan.

Sebagai figur, coklatt yang sudah menjalani cara kerja dutching (cara kerja kimiawi yang dilaksanakan pada beberapa tipe cokelat), biasanya sudah kehilangan beberapa besar bagian flavonoid.

Kecuali itu, hal lain yang juga perlu dilihat yaitu kandungan gula dan susu dari cokelat. Ini sebab kandungan hal yang demikian bisa meningkatkan kadar gula darah secara kencang.

Makan Coklat dan Kesehatan

Sampai dikala ini, manfaat coklat bagi kesehatan belum bisa dipastikan. Para spesialis mengatakan bahwa konsumsi coklat dalam batas wajar bisa membawa sebagian manfaat bagus bagi tubuh. Di sisi lain, konsumsi cokelat yang berlebihan justru membawa akibat yang kurang bagus bagi kesehatan.

Nah, bagi kau para penggemar cokelat, bergembiralah. Karena rupanya ada banyak kebaikan yang diberi makanan ini untuk kau. Bagaimana dengan kau yang selama ini menghindari makan cokelat? Siap mencoba manfaat cokelat?

3 Jenis Alat Kesehatan Yang Harus Ada di Rumah Sakit

jenis alat - alat kesehatan

Kalau kita berbicara soal alat kesehatan, tentunya ada banyak sekali macam dan jenisnya. Umumnya alat kesehatan dapat dengan mudah kita temukan di Rumah Sakit dan Klinik. Alat kesehatan merupakan satu komponen yang penting dan harus ada di rumah sakit dan pusat pelayanan kesehatan lainnya. Dari banyaknya alat kesehatan tersebut kita mengenal ada tiga jenis atau kelompok alat kesehatan yang setidaknya harus ada di rumah sakit. Apa saja itu ? Kita akan bahas secara singkat di artikel ini.

jenis alat - alat kesehatan

Definisi alat kesehatan adalah segala macam benda baik berwujud instrument, alat, apparatus, implan yang tidak mengandung obat yang berfungsi untuk penunjang kesembuhan pasien di rumah sakiat, untuk merawat, menyembuhkan, mendiagnosa, memperbaiki fungsi dan jaringan tubuh. Berikut 3 jenis alat kesehatan yang dimaksud.

1. Alat Kesehatan Elektromedik

Elektromedik merupakan jenis alat – alat kesehatan yang berhubungan dengan listrik, energi listrik, kelistrikan dan segala macam komponen elektronik. Umumnya alat – alat tersebut tergolong alat – alat unit besar dengan fungsi yang vital. Apa saja contoh alat Elektromedik yang ada di Rumah Sakait ? Ada banyak sekali. Yang sering kita lihat diantaranya adalah EKG/ ECG sebagai alat rekam jantung, Defibrillator sebagai alat pacu jantung, Monitor Pasien sebagai monitor parameter kesehatan di ICU, dan masih banyak yang lainnya.

2. Alat Non Elektromedik

Jenis alat ini merupakan kebalikan dari Alat Elektromedik. Berarti Non Elektromedik berarti alat – alat yang tidak berhubungan dengan listrik atau tidak menggunakan energi listrik. Umumnya alat – alat non Elektromedik adalah peralatan kesehatan dengan sekali pakai atau sering disebut dengan hahan habis pakai. Macam alat ini lebih banyak jenisnya dari alat Elektromedik. Alat ini contohnya : infus set, alat suntik, alat – alat operasi, dan lain sebagainya.

3. Alat Diagnostic In Vitro

Apa itu alat diagnostik ? Jenis alat ini dikelompokan dengan berdasarkan pada fungsinya yaitu sebagai alat diagnostic atau alat yang berfungsi untuk mendiagnosa. Atau bisa juga disebut dengan alat analisis. Apa contohnya ? Banyak sekali namun tidak lebih banyak dari alat elektromedik dan bahkan alat ini juga termasuk ke dalam bagian alat elektromedik karena menggunakan engergi listrik. Contohnya Hematology Analyzer. Sebuah alat yang berfungsi untuk menghitung sel – sel darah. Harga Hematology Analyzer cukup mahal dibanding dengan alat – alat kesehtan lainnya karena fungsi dan parameternya sangat banyak.

Demikian yang bisa kami sampaikan pada kesempatan ini. Semoga apa yang kita bahas dan bicarakan bisa menambah sedikit pengetahuan kita. Dan apabila anda membutuhkan informasi seputar alat kesehatan, anda bisa hubungi toko alat kesehatan terdekat di kota anda.

Anemia pada kehamilan

Anemia mengacu pada kekurangan vitamin atau mineral tertentu yang dibutuhkan sel darah merah Anda untuk berfungsi dengan baik.

Anemia pada kehamilan dapat mencakup jenis berikut:

Anemia defisiensi besi – Hal ini terjadi bila tubuh Anda memiliki kekurangan zat besi sehingga mengakibatkan darah Anda tidak memiliki sel darah merah sehat yang cukup untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh Anda. Tubuh Anda menggunakan zat besi untuk menghasilkan sel darah merah yang kemudian memberi oksigen ke jaringan dan organ tubuh Anda (dan bayi Anda!).

Gejala yang paling umum dari anemia defisiensi besi meliputi:

  • Kelelahan dan kelesuan
  • Terlihat lelah atau sangat pucat
  • Sesak napas
  • Palpitasi jantung
  • Anemia kekurangan vitamin B12 atau Folat – Hal ini terjadi bila kekurangan B12 atau folat (B9) menyebabkan tubuh memproduksi sel darah merah abnormal yang tidak dapat berfungsi dengan baik.
  • Gejala yang paling umum untuk anemia defisiensi vitamin B12 atau folat meliputi:
  • Kelelahan
  • Kekurangan energi

    makanan tambah darah tips

  • Kelemahan otot
  • Depresi
  • Pin dan jarum
  • Sakit lidah merah 

    Makanan tambah darah

Jika Anda mengalami gejala di atas untuk kedua jenis anemia ini, Anda harus menghubungi dokter Anda.

Mengapa lebih mungkin saya akan mengalami anemia saat hamil?

Saat Anda hamil, tubuh Anda akan menghasilkan lebih banyak darah (mendekati 50% lebih banyak). Ini berarti tubuh Anda menghasilkan lebih banyak zat besi dan vitamin lainnya untuk memastikan bahwa Anda memproduksi sel darah merah yang cukup.
Bagi banyak wanita, permintaan darah ekstra dari tubuh ini terlalu banyak dan berakibat pada anemia, ini lebih umum terjadi pada trimester kedua dan ketiga saat bayi tumbuh dan memasuki tahap akhir perkembangan.

Bagaimana saya bisa mengobati anemia selama kehamilan?

Jika Anda menjadi anemia selama kehamilan Anda mungkin perlu mulai mengkonsumsi suplemen untuk zat besi atau asam folat selain vitamin lainnya. Anda mungkin juga bisa mendapatkan nutrisi yang Anda butuhkan dengan mengubah diet Anda termasuk:

  • beras merah
  • Kacang-kacangan dan kacang
  • Kacang dan biji
  • Daging, ikan dan tahu
  • Telur
  • Buah kering

Anemia biasanya akan memakan waktu beberapa bulan untuk menyelesaikannya, namun Anda harus terus mengkonsumsi suplemen untuk meningkatkan cadangan zat besi dan vitamin lainnya.

Sedikit Mengenal Batuk

Batuk yang sering kita temui sehari hari sebenarnya bukanlah sebuah penyakit yang harus kita cemaskan. Batuk yang kita jumpai kurang dari 14 hari sebenarnya merupakan respon tubuh terhadap benda asing yang masuk pada tenggorokan. Benda asing tersebut dapat bermacam macam variasinya, mulai dari debu ataupun bisa juga dari allergen. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa tenggorokan ialah jalan yang menghubungkan antara hidung, telinga, dengan paru paru yang ada dalam tubuh kita. Karenanya tenggorokan hanya boleh dilalui oleh udara saja, bukan debu maupun benda asing lainnya. Saat kita menghirup udara yang berdebu, maka respon otak adalah mengeluarkan debu yang ada di tenggorokan tadi, salah satu caranya ialah dengan adanya batuk tersebut.

Contoh lain ialah saat kita sedang tersedak ketika makan. Saat itu makanan yang seharusnya melewati kerongkongan, dapat berbelok menuju tenggrokan karena katup tenggorokan terbuka. Akibatnya benda asing tersebut akan masuk ke saluran pernafasan yang seharusnya bukan jalannya. Disana reseptor batuk akan mengirimkan sinyal ke otak yang isinya memberi tahukan bahwa ada benda asing yang masuk ke saluran pernafasan. Kemudian otak akan mengirimkan sinyal kepada tenggorokan untuk mengeluarkannya lagi, dan salah satu cara tenggorokan untuk mengeluarkan benda asing tersebut ialah dengan batuk.

Pembagian Batuk Berdasarkan Lama Waktu Penderita

Selain dibagi menjadi batuk berdahak dan batuk kering, batuk juga bisa dikelompokkan ke berbagai jenis. Bila dikelompokkan sesuai kriteria lama waktu batuk menyerang anda, maka batuk dapat dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu :

  • Batuk Akut : Batuk jenis ini merupakan batuk yang diderita tak lebih dari 14 hari. Seperti yang diulas diatas, semua contoh yang diberikan merupakan contoh dari batuk akut.
  • Batuk Kronis : Batuk kronis merupakan batuk yang diderita lebih dari 14 hari. Contoh dari jenis batuk ini ialah batuk yang muncul akibat adanya penyakit seperti Asma, serta TBC (Tubercolusis).

Adapun untuk pengobatannya, batuk biasa diobati dengan berbagai macam cara, yang terpenting adalah tetap memperhatikan usia penderita. Karena cara mengobati batuk dewasa tidak sama dengan cara mengobati batuk berdahak pada bayi