Langkah Jual Kolam Terpal Untuk Ikan Lele

Langkah Jual Kolam Terpal Untuk Ikan Lele

Langkah Jual Kolam Terpal Untuk Ikan Lele

Langkah Jual Kolam Terpal Untuk Ikan Lele

Yak kembali lagi agan agan pembaca sekalian kita akan melanjutkan pembahasan kita mengenai langkah dalam membuat Jual Kolam Terpal untuk budidaya ikan lele dengan memanfaatkan lahan yang ada di pekarangan rumah. Langsung saja kita menuju ke langkah yang ke tiga dari cara membuat Jual Kolam Terpal sendiri.

Yang harus kita lakukan di langkah ketiga ini setelah kita patok tadi sekarang saatnya kita untuk menyatukan antara pagar dan juga patok. Penyatuan ini bisa kita lakukan dengan menggunakan paku atau juga dengan ikatan, namun perlu diingat agar untuk memaku atau mengikat dengan sangat kuat agar rangka ini tidak mudah rusak. Kalau cara yang saya lakukan saya lebih memilih untuk mengaplikasikan keduanya. Jadi kita gabung saja biar lebih kuat antara pertama dipaku kemudian diikat dengan tali. Yang gak boleh dilupakan adalah semakin banyak patok yang agan agan buat dan semakin dalam dan kuat agan agan mengikat patok maka akan semakin kuat pula rangka dari dinding Jual Kolam Terpal yang agan agan buat ini. Eits yang harus dilakukan sebelum lanjut memasang terpal adalah kita harus memasang terlebih dahulu saluran pipa pembuangan untuk mempermudah pembersihan kolam.

Kita lanjutkan ke langkah selanjutnya yakni pemasangan pipa saluran pembuangan air kolam dari terpal untuk budidaya lele.

Maksudnya dari pemasangan saluran pembuangan ini untuk apa? Ya jelas untuk membuang air yang kotor dalam proses pengurasan Jual Kolam Terpal yang kotor lah bro… atau juga mempermudah proses saat memanen ikan lele dari Jual Kolam Terpal. Untuk lubangnya terserah agan agan pembaca mau bikin yang seberapa gedhe yang penting sreg aja dihati. Ooo iya kalau semakin besar sih bisa lebih cepat untuk menguras kolam nya nanti. Selain untuk menguras pembuangan ini juga bertujuan untuk mengatur level ketinggian dari air yang ada di dalam Jual Kolam Terpal.

Bahan bahan yang harus agan agan semua siapkan adalah :

  • Klem : itutuh yang bentukya bunder bunder bolong bisa dibeli di toko bangunan nanti juga tahu sendiri waktu bilang ke penjualnya.
  • Pipa paralon yang ukurannya dua inci.
  • Penyambung untuk pipa yang ukuran dua inci juga.
  • Ban dalam dari motor : disini saya gunakan karena untuk menekan biaya yang dikeluarkan jadi bisa kita gunakan saja ban bekas yang masih bagus.

Alat yang digunakan :

  • Pisau atau gunting
  • Obeng
  • Tali
  • Spidol atau pulpen
  • Lem juga boleh kalau butuh nanti

Langkahnya :

  • Beri tanda pada terpal dengan spidol tempat saluran pembuangannya. Masukkan penyambung dari luar kedalam terpal.
  • Ikat terpal dan pipa menggunakan ban bekas.
  • Pasang klem.
  • Buka lubang yang ditandai dengan pisau.
  • Pasang pipa paralon, bisa agan agan sesuaikan sendiri panjangnya.

Nah selesai gak ribet kan.

Budidaya Lele di Jual Kolam Terpal

Budidaya Lele di Jual Kolam Terpal

Budidaya Lele di Jual Kolam Terpal

Budidaya Lele di Jual Kolam Terpal

Lanjut lagi untuk membahas pembuatan Jual Kolam Terpal untuk kolam budidaya ikan lele. Sebelumnya kita sudah menyiapkan bambu bambu sebanyak sepuluh buah yang memiliki panjang sekitar tujuh meter an oke. Kemudian kita telah memotong bambu tersebut dengan ukuran dua meter dan empat meter. Pemotongan dari bambu ini adalah sekalian untuk menentukan tingkat kerapatan yang nantinya akan kita peroleh dari pembuatan bagian dinding dari Jual Kolam Terpal ini. Yang mana kita akan memperoleh hasil yang baik dan tingkat kerapatan yang lebih bagus untuk Jual Kolam Terpal yang kita buat ini. Tentunya jika kita membuat dinding dari kolam yang lebih rapat maka kita akan memperoleh hasil dinding kolam yang lebih kuat dan tentunya tahan lama juga. Selama tergantung kapan kita memutuskan untuk membongkar kolamnya.

Sebelum kita melangkah ke proses yang selanjutnya yakni ke proses perakitan atau juga perangkaian atau bisa disebut juga dengan proses pemakuan, akan lebih baik lagi jika kita meraut bambu yang telah kita potong tadi agar menjadi lebih halus dan tidak akan bikin tlusupen ke tangan kita. Selain untuk mencegah tlusupen pada tangan kita alasan lainnya adalah untuk keawetan dari Jual Kolam Terpal yang kita buat ini. Paslnya jika kita tidak meraut dahulu bambu yang kita potong tadi maka akan ada kemungkinan jika bambu yang masih tajam akan merobek kain terpal yang kita gunakan. Yang tak kalah pentingnya untuk diperhatikan oleh kita semua adalah kita harus membuat prioritas untuk lebih memadatkan jarak renggang dari bambu di bagian bawah. Karena dengan tekanan air yang diisikan dan belum lagi dari ikan lele yang nantinya pasti akan selalu bergerak gerak di bagian bawah kolam akan membuat persentase dari robeknya terpal lebih tinggi. Baru kemudian jika sudah membuat jarak renggang yang pendek di bagian bawah kita bisa membuat jarak dari bagian atas lebih renggang saja.

Langkah yang selanjutnya, kita harus membuat pagar dari dinding kolam yang kita buat ini. Kita akan membuat pagar nya dengan ukuran satu kali empat dan juga satu kali dua meter. Dengan jumlah yang masing masingnya dua buah ukuran satu kali empat dan dua buah ukuran satu kali dua. Untuk membuat pagar ini kita harus yakin bahwa membuat dengan bagian yang halus berada di bagian dalam dan bagian kasar berada di sisi luar. Untuk bagian yang rapat kita akan taruh di sisi bawah. Nah setelah penempatan dari bambu sudah menjadi pagar tinggal kita patok atau paku deh. Untuk mematoknya kita harus yakin bahwa sudah dalam dan tidak goyang goyang layaknya dangdutan. Jadi nanti kolam ikan lele yang kita buat akan lebih kuat lagi.