Tips Wawancara Kerja

Tips Wawancara Kerja
Tips Wawancara Kerja

Tips Wawancara Kerja

Tips Wawancara Kerja

Tips Wawancara Kerja – Wawancara Kerja dianggap sebagai salah satu prosesi sakral oleh sebagian orang, sehingga mindset yang tertanam dari jaman dahulu kala hingga saat ini adalah sama mulai dari busana yang harus dikenakan hingga jawaban atas semua pertanyaan yang diberikan kepada pelamar kerja. Padahal saat ini situasi wawancara tidaklah seperti itu, bahkan kamu juga bisa memakai dan mengenakan banyak aksesoris ketika menghadiri wawancara kerja dan tentunya menggunakan banyak varian jawaban untuk menghadapi wawancara kerja. Jawaban yang unik kepada HRD bisa saja memberikan kesan yang berbeda bagi HRD kepada diri anda, bayangkan saja sudah berapa kali HRD mewawancarai pelamar kerja namun mendapatkan jawaban yang sama, tentunya ketika HRD mendapatkan jawaban yang berbeda dari pelamar kerja pasti akan memberikan kesan tersendiri untuknya.

Sayangnya tidak banyak pelamar kerja yang berani untuk memberikan jawaban yang berbeda kepada HRD, selain itu ada juga kemungkinan pelamar kerja bingung untuk menjawab pertanyaan HRD secara berbeda dibanding pelamar lainnya karena memang pertanyaannya bersifat struktural dan formal. Nah untuk kamu yang bingung memikirkan jawaban unik untuk menjawab pertanyaan HRD ketika wawancara kerja, berikut dibawah ini bisa kamu simak beberapa jawaban yang anti mainstream yang dijamin pasti bisa membuat HRD terkean dengan jawaban wawancara kerja kamu.

Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja

1 Ceritakan tentang Diri Anda

Pertanyaan ini bukanlah ditanyakan supaya kamu menjawabnya dengan sejarah dalam hidupmu, terlebih lagi tentang biodata. Jadi silahkan ambil poin penting saja dari cerita hidupmu yang dapat membuat HRD terkesan mulai dari prestasi yang pernah kamu raih hingga momen yang membuatmu terjun untuk berkarir saat ini. Contohnya :

“Pertama kali menekuni dunia marketing adalah pada tahun 2015, saat itu saya berprofesi sebagai akuntan dalam sebuah perusahaan swasta. Kebetulan saya dekat dengan karyawan dari divisi marketing, dia sering bercerita tentang susahnya mencapai target penjualan dan meminta saran ke saya. Saran yang saya berikan juga standar namun saya buat lebih unik dibanding lainnya. Kebetulan juga saya seorang content writer pada blog pribadi saya, iseng iseng saya pasang postingan tentang barang dari perusahaan saya kebetulan saat itu perusahaan cabang sedang menjual ruko. ternyata lewat blog saya tersebut banyak customer berminat bahkan dari luar kota. Akhirnya atas prestasi saya tersebut, jadilah saya di divisi marketing. Dan tentunya di perusahaan ini saya akan mencari cara cara yang inovatif untuk memajukan perusahaan.”

Dengan menggunakan cara tersebut tentunya otak kamu akan merasa sangat fresh karena mengingat prestasi yang kamu miliki sehingga tubuhmu akan merasa positif juga dan memberikanmu jalan yang mempermudah dalam menghadapi wawancara kerja.

2 Apa Kelebihan yang Anda Miliki

Untuk menjawab yang satu ini, tentu akan lebih mudah daripada pertanyaan pertama. Bagimana tidak, jika pertanyaan pertama bisa kamu jawab dengan studi kasus yang pernah kamu alami, maka untuk pertanyaan kedua ini cukup kamu ketahui dasarnya bagaimana bisa kamu menyelesaikan studi kasus tersebut. Nah jika kamu bingung langsung saja baca cara menjawab pertanyaan tersebut dibawah ini :

“Dari pengalaman yang saya alami ketika berada di perusahaan X sehingga membuat saya mendapatkan posisi manajer marketing, kelebihan yang saya miliki adalah kemauan belajar yang kuat meskipun awalnya tidak saya sengaja, namun ketika saya dipindahkan dari divisi keuangan ke divisi marketing, saya harus kembali belajar dan menggali potensi diri saya lagi. Dan tentu saja hal tersebut bisa saya wujudkan dengan kerja keras sehingga saya menjadi pribadi seperti saat ini.”

Menjawab dengan menggunakan data kongkrit akan membuat HRD terkesan kepadamu, bagaimana tidak disaat pelamar lain menceritakan hal yang bersifat imajinatif, kamu dapat meyakinkan HRD dengan prestasi yang benar benar nyata telah kamu raih.

3 Kenapa Kami Harus Memilih Anda

Pertanyaan inilah yang membuat pusing kepala pelamar kerja, jika seorang pelamar kerja salah memberikan jawaban maka dapat dipastikan dia tidak akan lolos dalam tahapan rekrutmen kerja berikutnya. Namun tidak udah khawatir hal tersebut dapat diatasi dengan cara sebutkan bahwa posisi yang tersedia dalam perusahaan sangat cocok dengan diri anda, tentunya dibarengi dengan bukti. Yuk langsung baca dibawah ini:

“Berdasarkan pengamatan saya, produk dari perusahaan ini memiliki peminat aktif dari dunia maya karena memang sepatu yang belum memiliki nama dihati customer akan sangat susah bersaing, sehingga kita harus menemukan strategi penjualan baru selain lewat pameran ataupun pamflet. Saat ini peminat barang dalam negeri sangat giat mencari informasi dari dunia maya, selain itu saya yakin kualitas sepatu ini mampu bersaing dengan brand lainnya jika dipasarkan lewat internet.”

Demikian ulasan tentang Jawaban Wawancara Kerja yang Membuat HRD Memilihmu, apa yang ada diatas tidak menutup kemungkinan untuk kamu menemukan sumber referensi baru. Intinya terus tambah ilmu dan wawasan agar kamu memiliki banyak referensi untuk menjawab pertanyaan wawancara kerja, terimakasih telah berkunjung.

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Serta Kiat Membuatnya

Dalam dunia pekerjaan terdapat banyak permasalahan yg nampak, tiap tiap orang dalam hadapi masalah berbeda- beda, kadang kala masalah itu cuma dapat diatasi melalui langkah keluar dari pekerjaan. Andaikan benar-benar keluar dari pekerjaan udah jadi ketetapan yg bulat jadi langkah seterusnya merupakan bikin surat pengunduran diri dari pekerjaan. Terdapat banyak contoh surat pengunduran diri kerja yg berada pada internet, akan tetapi tak seluruh surat itu baik serta persis utk diungkapkan. Andaikan anda mau bikin surat pengunduran diri jadi anda mesti tahu hal- hal apa saja yang wajib diungkapkan.

Terdapat banyak hal yg mesti didapati dari pembuatan surat pengunduran diri dari pekerjaan, dibawah ini merupakan hal- hal yg mesti ada di dalam surat pengunduran diri dari pekerjaan :

• Pembukaan
Pakai kata serta kalimat yg bagus serta professional, utk pembukaan mestinya katakan urutan anda di perusahaan serta saat efisien mulai pengunduran diri. Utk argumen pengunduran diri mestinya dibicarakan dengan cara segera dengan argumen, maka argumen dapat tahu serta mengerti apa yg anda fikirkan. Akan tetapi andaikan anda mau memberikan argumen di dalam surat pengunduran diri jadi mestinya pakai argumen yg positif. Mestinya jangan sampai pakai argumen mau ubah perusahaan atau akibat dari penghasilan yg di terima sedikit.

• Bagian kedua
Serta area yg ke dua merupakan perkataan terimakasih, yakinkan anda menyampaikan terimakasih atas peluang serta pengalaman kerja di perusahaan.

• Penutup
Serta yg ke tiga merupakan penutup, silakan catat bahwa anda bakal masih bertanggung-jawab dimasa transisi kepada pekerjaan yg anda emban. Tidak hanya itu katakan juga permohonan maaf lantaran tak dapat kembali bekerja diperusahaan utk saat waktu lain.
Dalam surat pengunduran diri kerja yakinkan anda memanfaatkan bhs halus, sopan serta professional, maka pihak HRD dapat merespon serta membuat selekas mungkin. Terdapat banyak contoh surat pengunduran diri kerja yg dapat anda contoh, akan tetapi yakinkan ke tiga point itu mesti ada di dalam surat pengunduran diri itu, maka anda tak lagi bikin perusahaan kecewa, tidak hanya itu dengan bikin surat pengunduran diri yg baik jadi pihak perusahaan dapat lekas membuat surat rujukan bahwa anda bekerja dengan baik diperusahaan ini.